Skip to content

Si Mungil yang Serbaguna

Maret 26, 2012

Si Mungil yang Serbaguna (Apel)

Apel, , ,siapa sich yang gak kenal sama buah yang satu ini. Selain rasanya yang enak ternyata manfaatnya banyak sekali, karena apel sendiri mempunyai banyak kandungan seperti vitamin, mineral serta unsur lain seperti fitokimia, serat, tanin, baron, asam tartar, dan lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Yukkk . . . kita telaah lebih jauh terkait si mungil yang serba guna ini.

Apel (Malus sylvestris Mill)

Orang mulai pertama kali menanam apel di Asia Tengah. Kini apel berkembang di banyak daerah di dunia yang suhu udaranya lebih dingin.Nama ilmiah pohon apel dalam bahasa Latin ialah Malus domestica. Apel budidaya adalah keturunan dari Malus sieversii asal Asia Tengah, dengan sebagian genom dari Malus sylvestris (apel hutan/apel liar).

Apel lebih bagus dikonsumsi mentah-mentah, tapi tenang ajja bagi teman-teman yang mungkin ada nich yang gak suka sama si buah mungil serba guna ini, bisa juga di konsumsi dalam sediaan lainnya seperti, jus, sale apel, kripik, bahkan saus juga ada lhooooo🙂

Kandungan Buah Apel

Vitamin

Buah apel kaya akan kandungan vitamin. Beberapa vitamin yang terdapat dalam buah apel misalnya vitamin A, vitamin B1vitamin B2vitamin B3vitamin B5vitamin B6vitamin B9vitamin C. Sebagaimana kita ketahui bahwa vitamin adalah zat yang sangat dibutuhkan tubuh kita untuk melakukan proses metabolisme dalam tubuh. Namun, manfaat vitamin tersebut tidak dapat diperoleh tanpa asupan makanan dengan kandungan vitamin yang cukup. Jadi sebagai salah satu alternativenya lagi-lagi saya sarankan untuk mengonsumsi minimal satu buah apel sehari🙂

Mineral

Mineral dalam buah apel antara lain kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc. Dimana kita ketahui bahwa semua mineral tersebut tidak kalah pentingnya dengan vitamin, contohnya saja kalsium sangat dibutuhkan oleh  tubuh antara lain untuk metabolisme , penghubung antar saraf, kerja jantung, dan pergerakan otot.

Fitokimia

Buah apel juga mengandung fitokimia. Fitokimia merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi atau lingkungan sekitar. Zat ini juga berfungsi untuk menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Serat

Apel kaya akan serat, sehingga baik untuk orang yang sedang dalam program diet.. Hal ini disebabkan karena serat yang tinggi sehingga mencegah lapar datang lebih cepat. Serat pada apel berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang. Nah bagi teman-teman yang ingin diet tapi tetap sehat, yuk konsumsi apel setiap hari, satu buah apel/hari cukup kog.

 

Pohon apel (Malus domestica)

Bagaimana???? Takjubkan dengan manfaat si buah mungil yang serbaguna ini??? Oleh karenanya kenapa tidak untuk mengonsumsi minimal satu buah apel sehari. Karena ada banyak kebenaran dibalik pepatah lama yaitu, “ An apple a day keeps the Doctor’s away.” (satu buah apel setiap hari, menjaga dokter tidak kemari)

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: